Rabu, 12 Desember 2012

PNEUMOTORAKS

PNEUMOTORAKS

Secara normal, tekanan di dalam paru-paru lebih besar dibandingkan tekanan dalam rongga pleura yang mengelilingi paru. Namun, jika udara memasuki ruang pleura, tekanan pada pleura akan menjadi lebih besar dari pada tekananparu-paru, menyebabkan paru kolap sebagian atau seluruhnya.
Dalam keadaan normal, paru tidak terisi oleh udara, supaya paru leluasa mengembang terhadap rongga pleura. Udara masuk ke dalam rongga pleura melalui 3 jalan yaitu:
-          udara dari luar dan terdapat penetrasi dinding dada.
-          Pembentukan gas/udara oleh mikroorganisme dalam dinding pleura pada penyakit empiema.
Pneumotorak lebih sering terjadi pada penderita dewasa yang berumur sekitar 40 tahun. Laki-laki lebih sering dari pada wanita. Pneumothorak lebih sering dijumpai pada musim penyakit batuk.
Perkiraan tahunan angka kejadian pneumotorak spontan primer adalah antara 7,4 dan 18 kasus per 100.000 populasi pada laki-laki dan antara 1,2 dan 6 kasus per 100.000 populasi pada wanita. Pneumotoraks terjadi terbanyak pada postur tinggi, laki-laki muda kurus dibanding usia 30 tahun. Merokok dapat meningkatkan resiko pneumotoraks spontan. Resiko berhubungan dengan jumlah rokok yang diisap.
II. ANATOMI DAN FISIOLOGI
ANATOMI
Suatu lapisan tipis yang kontinu mengandung kolagen dan jaringan elastin\s, dikenal sebagai pleura, melapisi rongga dada (pleura parietalis) dan menyelubungi setiap paru-paru (pleura viseralis). Diantara pleura parietalis dan viseralis terdapat suatu lapisan tipis cairan pleura yang berfungsi untuk memudahkan kedua permukaan bergerak selama pernafasan dan untuk mencegah pemisahan toraks dan paru-paru.
Karena tidak ada ruangan yang sesungguhnya memisahkan pleura parietalis dan pleura viseralis, maka apa yang disebut rongga pleura atau kavitas pleura hanyalah suatu ruangan potensial saja. Tekanan dalam rongga pleura lebih rendah dari tekanan atmosfir, mencegah kolaps paru. Bila terserang penyakit, pleura mungkin mengalami peradangan, atau udara atau cairan dapat masuk ke dalam rongga pleura, menyebabkan paru-paru tertekan atau kolaps.
FISIOLOGI
Keadaan fisiologis tekanan-tekanan di rongga dada dalam keadaan normal sebagai berikut:
  1. Tekanan intrapleura inspirasi sekitar,              – 11      →        – 12 cm H2O
  2. Tekanan intrapleura ekspirasi sekitar,             – 4        →        -  9 cm H2O
  3. Tekanan intrabronkial inspirasi sekitar,           -1,5      →        -  7 cm H2O
  4. Tekanan intrabronkial ekspirasi sekitar,          -1,5      →        -  4 cm H2O
  5. Tekanan intrabrokial waktu bicara                              →        + 30 cm H2O
  6. Tekanan intrabronkial waktu batuk                            →        + 90 cm H2O
Pada waktu inspirasi tekanan intrapleura lebih negatif daripada tekanan intrabronkial, maka paru mengembang mengikuti gerakan dinding toraks sehinga udara dari luar dengan tekanan permulaan nol, akan terisap masuk melalui bronkus hingga mencapai alveol. Pada saat ekspirasi, dinding dada menekan rongga dada sehingga tekanan intrapleura akan lebih tinggi daripada tekanan udara alveol ataupun di bronkus, akibatnya udara akan ditekan keluar melalui bronkus.2
III. DEFINISI
Pneumothorak ialah rongga pleura yang berisi udara atau gas yang menyebabkan sebagian atau seluruh paru menjadi kolap.
IV. ETIOLOGI
Di RSU Dr. Sutomo, lebih kurang 55% kasus Pneumothoraks disebabkan oleh penyakit dasar seperti tuberkulosis paru aktif, tuberkulosis paru disertai fibrosis atau emfisema lokal, bronchitis kronis dan emfisema. Selain penyakit tersebut diatas, pneumotorak dapat terjadi pada wanita dapat terjadi saat menstruasi dan sering berulang, keadaan ini disebut pneumothoraks katamenial yang disebabkan oleh endometriosis di pleura.
Pneumotorak dapat terjadi secara artificial, dengan operasi atau tanpa operasi, atau timbul spontan. 1
Pneumotoraks artifisial disebabkan tindakan tertentu atau memang disengaja untuk tujuan tertentu, yaitu tindakan terapi dan diagnosis.
Pneumotorak traumatik terjadi karena penetrasi, luka tajam pada dada, dan karena tindakan operasi.1
Pneumotoraks spontan terjadi tanpa adanya trauma. Pneumotoraks jenis ini dapat dibagi dalam:
-          pneumotoraks spontan primer. Disini etiologi tidak diketahui sama sekali
-          Pneumothorak spontan sekunder. Terdapat penyakit paru atau penyakit dada sebagai faktor predisposisinya.
Tabel 4.1. PENYEBAB PNEUMOTORAKS SPONTAN SEKUNDER
Penyakit saluran pernafasan
Penyakit paru obstruksi kronik
Fibrosis kistik
Asma akut
Infeksi parenkim paru
Pneumonia pneumocystis carinii
Infeksi necrotizing (anaerob, bakteri gram negatif, Staphylococcus Aureus, species nacardia, Mycobacterium Tuberculosis, jamur)
Malignancy
Kanker paru
Sarcoma
Metastase
Penyakit paru intertisial
Langerhans cell granulomatosis
Sarcoidosis
Connective tissue disease
Tuberous Sclerosis
Idhiopathic pulmonary fibrosis
Lainnya
Thoracic endometriosis (catamenial)
Lymphangiolelomyomatosis
Marfan syndrom
Ehler-danlos syndrom
V. KLASIFIKASI2
1. Berdasarkan Penyebab terjadinya Pneumothorak
  • artificial
  • traumatic
  • spontan
2. Berdasarkan lokalisasi
  • Pneumotoraks parietalis
  • Pneumotoraks medialis
3. Berdasarkan derajat kolaps
  • Pneumototaks totalis
  • Pneumotoraks parsialis
4. Berdasarkan jenis fistel
  • pneumotoraks terbuka
  • pneumotoraks tertutup
  • pneumothorak ventil
  • Pneumotoraks basalis
VI. PATOFISIOLOGI
Alveoli disangga oleh kapiler yang mempunyai dinding lemah dan mudah robek, apabila alveol tersebut melebar dan tekanan di dalam alveol meningkat maka udara dengan mudah menuju ke jaringan peribronkovaskular. Gerakan nafas yang kuat, infeksi dan obstruksi endobronkial merupakan beberapa faktor presipitasi yang memudahkan terjadinya robekan. Selanjutnya udara yang terbebas dari alveol dapat mengoyak jaringan fibrotik peribronkovaskular. Robekan pleura ke arah yang berlawanan dengan hilus akan menimbulkan pneumotorak sedangkan robekan yang mengarah ke hilus dapat menimbulkan pneumomediastinum.  Dari mediastinum udara mencari jalan menuju ke atas, ke jaringan ikat yang longgar sehingga mudah ditembus oleh udara. Dari leher udara menyebar merata ke bawah kulit leher dan dada yang akhirnya menimbulkan emfisema subkutis. Emfisema subkutis dapat meluas ke arah perut hingga mencapai skrotum.
Tekanan intrabronkial akan meningkat apabila ada tahanan pada saluran pernafasan dan akan meningkat lebih besar lagi pada permulaan batuk, bersin dan mengejan. Peningkatan tekanan intrabronkial akan mencapai puncak sesaat sebelum batuk, bersin, mengejan, pada keadaan ini, glotis tertutup. Apabila di bagian perifer bronki atau alveol ada bagian yang lemah, maka kemungkinan terjadi robekan bronki atau alveol akan sangat mudah.
VII. MANIFESTASI KLINIK
Pada pneumotoraks spontan, sebagai pencetus atau auslosend moment adalah batuk keras, bersin, mengangkat barang-barang berat, kencing atau mengejan. Penderita mengeluh sesak nafas yang makin lama makin berat setelah mengalami hal-hal tersebut diatas.Tetapi pada beberapa kasus gejala –gejala masih gampang ditemukan pada aktifitas biasa atau waktu istirahat.
Keluhan utama pneumotoraks spontan adalah sesak nafas, bernafas terasa berat, nyeri dada dan batuk. Sesak sering mendadak dan makin lama makin berat. Nyeri dada dirasakan pada sisi yang sakit, rasa berat, tertekan dan terasa lebih nyeri pada gerakan pernafasan.
Rasa sakit tidak selalu timbul. Rasa sakit bisa menghebat atau menetap bila terjadi perlengketan antara pleura viseralis dan pleura parietalis.
Pasien dengan pneumotoraks spontan primer biasanya ditandai dengan nyeri dada pleura ipsilateral dan variasi derajat dipsneu. Karena fungsi paru normal, dipsnae biasanya ringan sampai sedang, bahkan pasien dengan pneumotoraks yang luas. Gejala biasanya hilang dalam 24 jam, bahkan jika pneumotorak masih ada. Takikardi dan takipnea adalah gejala yang sangat sering ditemukan.
Serangan pada pneumotoraks spontan sekunder bermanifestasi sebagai nyeri dada. Bahkan pada kasus pneumotoraks yang sedikit, akut dipsnea dapat berkembang menjadi keadaan paru yang dicurigai. Tanda-tanda lain dari kardiopulmonal dapat munculseperti hipoksemia akut (rata-rata PO2, 60 mmHg), hipotensi, sianosis, nafas berat, status mental berubah dan hiperkapnia.
VIII. PEMERIKSAAN PENUNJANG
Foto Toraks
  1. Bagian pneumotoraks akan tampak hitam, rata dan paru yang kolaps akan tampak garis yang merupakan tepi paru. Kadang-kadang paru akan kolaps tidak membentuk garis, akan tetapi berbentuk lobuler yang sesuai dengan lobus paru.
  2. Adakalanya rongga ini sangat sempit sehingga hampir tidak tampak seperti massa yang berada di daerah hilus. Keadaan ini menunjukkan kolaps yang luas sekali. Besar kolaps paru tidak berkaitan dengan berat ringan sesak nafas yang dikeluhkan.
  3. Perlu diamati ada tidaknya pendorongan. Apabila ada pandorongan jantung atau trakea ke arah paru yang sehat, kemungkinan besar telah terjadi pneumotoraks ventil dengan tekanan intrapleura yang tinggi.
  4. Pada pneumotoraks perlu diperhatikan kemungkinan terjadi keadaan ini:
-          Pneumomediastinum, Terdapat ruang atau celah hitam pada tepi jantung, mulai dari basis sampai ke apeks.
-          Emfisema subkutan dapat diketahui bila ada rongga hitam dibawah kulit.
-          Bila ada cairan di rongga pleura, akan tampak permukaan cairan sebagai garis datar di atas diafragma.
Foto lateral dekubitus pada sisi yang sehat dapat membantu dalam membedakan pneumotorakss dengan kista atau bulla. Pada pneumotoraks udara bebas dalam rongga pleura lebih cenderung berkumpul pada bagian atas sisi lateral.

IX. DIAGNOSA
  1. Tampak sesak ringan sampai berat tergantung kecepatan udara yang masuk serta ada tidaknya klep. Penderita bernafas tersengal, pendek-pendek dengan mulut terbuka.
  2. sesak nafas dengan atau tanpa sianosis
  3. penderita tampak sakit mulai ringan sampai berat. Badan tampak lemah dan dapat disertai syok. Bila pneumotoraks baru terjadi penderita berkeringat dingin.
Pneumotoraks spontan primer didiagnosa dengan karakteristik serangan akut nyeri dada dan dipsnea dan gambaran radiografi pneumotoraks. Radiografi dada menampilkan udara pleura dan 1 mm garis putih halus yang menggambarkan pleura viseral berpindah dari dinding dada. Walaupun tidak direkomendasikan, pada praktis rutin, radiografi dada yang dibuat selama ekspirasi dapat membantu mendeteksi pneumotoraks atipical.
Pneumotoraks spontan sekunder lebih sukar didiagnosa karena gejala pernafasan kadang salah diartikan sebagai penyakit paru. Gambaran radiografi pasien dengan penyakit paru interstisial biasanya tampak bersih dari tanda pneumotoraks karenalingkaran udara dalam ruang pleura kontras dengan peningkatan densitas pada penyakit paru. Pneumotoraks spontan sekunder dapat lebih sukar didiagnosa dengan gambaran radiografi penyakit paru obstruksi kronik karena densitas hiperlusen, paru empisematus seperti udara pleura. Lebih lagi, bullae subpleura yang besar menyerupai pneumotoraks pada pasien ini. CT dada dapat membantu membedakan antara bullae yang besar dan pneumotoraks.
Pada pemeriksaan fisik toraks ditemukan:
  1. Inspeksi                 :
  • dapat terjadi pencembungan pada sisi yang sakit
  • pada waktu respirasi, bagian yang sakit gerakannnya tertinggal
  • trakea dan jantung terdorong ke sisi yang sehat.
  1. Palpasi
  • pada sisi yang sakit, ruang antar iga dapat normal atau melebar
  • Iktus jantung terdorong ke sisi toraks yang sehat.
  • Fremitus suara melemah atau menghilang pada sisi yang sakit.
  1. Perkusi
  • suara ketok pada sisi sakit, hipersonor sampai timpani dan tidak menggetar
  • batas jantung ke arah toraks yang sehat, apabila tekanan intrapleura tinggi
  1. Auskultasi
  • Pada bagian yang sakit, suara nafas melemah sampai menghilang
  • Suara nafas terdengar amforik bila ada fistel bronkopleura yang cukup besar pada pneumotoraks terbuka.
  • Suara fokal melemah dan tidak menggetar serta bronkofoni negatif.
”Coin Test”
Pada auskultasi dada dengan menggunakan ketokan dua uang logam yang satu ditempelkan di dada dan yang lain diketokkan pada uang logam yang pertama daat terdengar bunyi metalik yang dapat didengar dengan telinga yang ditempelkan di punggung. Jika pneumotoraks tadi sebenarnya suatu bula, maka suara metalik tidak akan terdengar.
X. DIAGNOSA BANDING
-          emfisema paru
-          asma bronkhial
-          bula yang besar
XI. PENATALAKSANAAN
Dasar pengobatan pneumotoraks tergantung pada: berat dan lamanya keluhan atau gejala, adanya riwayat pneumotoraks sebelumnya, jenis pekerjaan penderita. Sasaran pengobatan adalah secepatnya mengembangkan paru yang sakit sehingga keluhan- keluhan juga berkurang dan mencegah kambuh kembali.1,3
Pneumotorak mula-mula diatasi dengan pengamatankonservatif bila kolaps paru-paru 20% atau kurang. Udara sedikit demi sedikit diabsorpsi melaului permukaan pleura yang bertindak sebagai membran basah, yang memungkinkan difusi oksigen dan karbondioksida.2,3,4
Tindakan Dekompresi
  • Membuat hubungan rongga pleura dengan dunia luar dengan cara:
  1. menusukkan jarum melalui dinding dada terus masuk ronga pleura
  2. membuat hubungan dengan dunia luar melalui kontra ventil:
    • Dapat memakai infus set
    • Jarum abbocath
    • Pipa water sealed drainage (WSD)
  • Penghisapan terus-menerus (Continous suction)
  • Pencabutan drain
Tindakan bedah
  • Dicari lubang penyebab pneumotoraks dan dijahit
  • Dekortikasi
  • Reseksi
  • pleurodesis
Pengobatan tambahan:
Bila terdapat proses lain di paru, pengobatan ditujukan terhadap proses penyebabnya:
-          terhadap bronkitis kronis:
-          terhadap proses tuberkulosis paru
-          untuk mencegah obstipasi dan memperlancar defakasi
Istirahat total
XII. KOMPLIKASI
  1. Tension pneumotoraks
  2. Pio-pneumotoraks
  3. Hidropneumotoraks/ hemo-pneumotoraks
  4. Pneumomediastinum dan emfisema subkutan
  5. Pneumotoraks simultan bilateral
  6. Pneumotoraks kronik
  7. Pneumotoraks ulangan
XIII. PROGNOSIS
Pasien dengan pneumotoraks spontan mengalami pneumotorak ulangan, tetapi tidak ada komplikasi jangka panjang dengan terapi yang berhasil.5 Kesembuhan dari kolap paru secara umum membutuhkan waktu 1 sampai 2 minggu. Pneumotoraks tension dapat menyebabkan kematian secara cepat berhubungan dengan curah jantung yang tidak adekuat atau insufisiensi oksigen darah (hipoksemia), dan harus ditangani sebagai kedaruratan medis.

Sabtu, 08 Desember 2012

Busana Muslim di Tangan Perancang Muda

Busana Muslim di Tangan Perancang Muda

Indonesia sebagai kiblat fashion busana muslim dunia menjadi impian banyak orang, terutama para perancang yang fokus dalam segmen ini. Perancang muda Indonesia juga punya andil di dalam mewujudkan mimpi ini. Busana muslim di tangan perancang muda lebih dinamis dan modis, menyesuaikan dengan jiwa anak muda yang gemar bereksperimen dengan gaya busana.
 Sejumlah label busana muslim ternama melibatkan perancang muda dalam menghadirkan koleksi terbarunya. Sebut saja Shafira, label kerudung Square, juga perancang senior Merry Pramono yang menghadirkan second line dengan label Si.Se.Sa yang diserahkan kepada ketiga putrinya, Siriz (31), Senaz (29) dan Sausa (25).
Shafira dengan koleksi Lebaran Bersama Shafira (LBS) 2011 menghadirkan koleksi busana muslim dengan model tumpuk dan padu padan, gaya khas anak muda. Pilihan model dan warna busana muslim LBS 2011 lebih dinamis dan segar bergaya anak muda.
Square yang dirintis oleh perancang busana muslim dan penggiat mode, Irna Mutiara, Tia Wigati, Dewi Novianty, dan Aju Isni Karim, juga hadir menyegarkan industri busana muslim dengan kreasi kerudung yang berbeda.
"Kami juga melibatkan perancang muda untuk mendesain kerudung Square," jelas Isni kepada Kompas Female di butik Square, Bintaro, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.
Kemunculan perancang muda bertalenta Dian Pelangi (20), juga turut mendorong geliat busana muslim di kalangan anak muda. Terlebih lagi, Dian bersama sejumlah desainer muda Indonesia juga mengembangkan komunitas Hijabers yang merangsang anak muda untuk berbusana muslim sesuai kaidah, namun tetap bisa modis dan gaya, layaknya perempuan muda kebanyakan.
Waktunya anak muda berkarya
Perancang busana muslim Merry Pramono mengatakan sudah waktunya anak muda menggeluti fashion busana muslim siap pakai. Sentuhan desain anak muda memberikan warna dan pilihan berbusana muslim untuk anak muda.
Merry mengakui, sebagai ibu dan perancang senior, ia hanya memberikan arahan kepada ketiga putrinya. "Saya mengarahkan namun pilihan kembali kepada anak-anak," kata Merry yang menyerahkan second line busana muslim untuk anak muda di tangan anak-anaknya dengan label Si.Se.Sa.

 Sausa, si bungsu mewarisi minat ibunya menggeluti dunia fashion. Sausa merupakan lulusan sekolah mode Esmod. Bersama kakaknya, Senaz dengan latar belakang arsitek dan Siriz yang berpendidikan di bidang marketing, ketiganya dipercaya sang ibu untuk mengembangkan label Si.Se.Sa.
"Si.Se.Sa lahir April 2011 dan menggelar show perdananya di pagelaran busana di Pasaraya Jakarta, Agustus lalu saat Ramadhan. Busana yang ditampilkan menggunakan bahan kaos, ready to wear yang cocok untuk anak muda usia 18 hingga kaum ibu yang suka bergaya anak muda," jelas Merry kepada Kompas Female di sela kegiatan pre-launch Jakarta Fashion Week di Pasific Place Jakarta, beberapa waktu lalu.
Ke depan, lanjut Merry, busana muslim bisa lebih berkembang dengan dukungan dan penguna busana muslim dari kalangan muda. Di tambah lagi dengan kreativitas dan minat perancang muda untuk menggeluti fashion busana muslim.
"Busana muslim semakin banyak peminat, baik di Jakarta mau pun di daerah. Penggemar busana muslim bukan hanya bermunculan saat Ramadhan. Busana muslim sudah menjadi pilihan busana harian, termasuk untuk generasi muda," tandasnya.

Sumber : http://female.kompas.com

Kiat Menjadi Perancang Fashion Sukses

Kiat Menjadi Perancang Fashion Sukses

Jika anda ingin seperti saya hidup dan bernapas dengan fashion. Anda terus-menerus terinspirasi dengan begitu banyak derasnya desain baru yang memasuki pikiran Anda, begitu banyak Anda tidak bisa menangkap mereka semua yang masuk cukup cepat dengan kecepatan mereka tiba.
Anda selalu memimpikan suatu hari fashion Anda akan berada di landasan pacu fashion dengan lampu berkedip-kedip dengan terang di atas kepala, kamera berkedip di mana-mana dan penonton yang benar-benar terpesona oleh desain Anda yang luar biasa. Anda tidak dapat berhenti memikirkan suatu hari Anda akan membuka majalah atau menonton Oscar dan melihat selebriti yang terkenal mengenakan salah satu desain Anda. Rak buku Anda penuh dengan buku-buku dan majalah fashion, dan Anda benar-benar tidak bisa menahan untuk mengunjungi toko-toko tekstil untuk melihat semua kain, manik-manik dekoratif, rhinestones dan trim yang terbaru.
Ini mimpi yang selalu hadir menjadi seorang perancang busana yang sukses yang telah bekerja siang dan malam pada desain Anda yang kadang selama bertahun-tahun tanpa dibayar.
Perancang busana terkenal berasal dari semua lapisan masyarakat tidak ada satu pun sistem yang dapat diikuti yang akan menjamin Anda untuk menjadi perancang fashion di masa yang akan datang. Ada beberapa yang telah lulus dari sekolah fashion elit dan ada juga beberapa yang sama sekali tidak pernah mengikuti sekolah fashion.
Beberapa telah melakukan magang fashion dengan rumah mode dan yang lainnya telah membuat desain mereka sendiri di dalam ruang bawah tanah mereka. Satu-satunya elemen yang dimiliki oleh semua perancang busana yang memiliki kesamaan adalah mereka memiliki gairah yang kuat dalam hal fashion, mampu untuk merancang fashion dan sangat dicari serta terhubung dengan seseorang yang memberi mereka kesempatan untuk masuk ke industri fashion. Hal ini penting dalam usaha untuk menjadi perancang busana yang sukses, bahwa Anda dan desain Anda harus sering keluar dan tampil sebanyak mungkin, karena bagaimana akan ada orang yang tahu tentang fashion Anda jika mereka tidak dapat melihat hasil karya Anda?.
Untuk membuat fashion Anda tampil di luar sana, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:
1. Kita biasanya tidak selalu baik dalam segala hal sebagian dari kita yang sangat piawai dalam merancang pakaian tetapi tidak dalam menjahit dan keterampilan membuat pola. Disinilah Anda dapat bermitra dengan seseorang yang berbagi gairah Anda untuk fashion dan memiliki keterampilan yang kurang Anda miliki. Inilah salah satu kiat dalam menyatukan keterampilan yang berbeda dan Anda dapat menciptakan produk nyata yang dapat dipamerkan.
2. Untuk memiliki lini fashion dari 14 pakaian Anda dapat mengajukan proposal untuk mengikuti minggu fashion lokal. Di Amerika Serikat: New York, Los Angeles dan San Francisco semuanya memiliki minggu fashion. Minggu mode tersebut menarik banyak editor fashion, wartawan dan sosialita lokal yang akan melihat fashion Anda dan berpotensi memberikan pemaparan yang Anda butuhkan untuk menjadi dikenal.
3. Banyak klub malam kota menyelenggarakan fashion show, cari tahu klub malam apa saja yang mengadakan fashion show dan hubungi mereka untuk menanyakan apakah Anda dapat menjadi bagian dari show yang akan datang berikutnya.
4. Cari butik fashion yang dapat melayani fashion yang Anda desain, pertama lakukan perjalanan ke toko untuk melihat-lihat, jika Anda dapat melihat bahwa pakaian Anda akan pas dengan baik dengan di toko tersebut, carilah tahu siapa pemiliknya dan tanyakan apakah mereka bersedia untuk menerima beberapa fashion Anda untuk ditawarkan untuk dijual di toko mereka. Anda akan takjub melihat betapa banyak pemilik toko yang bersedia bekerja dengan Anda. Saya berjalan di sekitar San Francisco di district Nob Hill dan menemukan fashion saya dipajang setelah mengunjungi dan mendiskusikan produk saya dengan empat butik. Dengan ditampilkannya fashion Anda, Anda akan menerima wawasan yang berharga, apakah desain Anda sesuai permintaan atau tidak sehingga dengan demikian Anda dapat mengetahui apakah Anda perlu untuk mengubah desain Anda untuk meningkatkan penjualan. Ini juga akan memberikan paparan gratis kepada masyarakat. Ketika fashion Anda laku di pasaran Anda bisa memperlihatkan ini kepada investor yang lebih dari bersedia untuk berinvestasi dalam produk Anda, ketika Anda membuktikan adanya permintaan yang kuat untuk fashion Anda.

Dirangkum dari : http://EzineArticles.com/?expert=Genyfer_Spark dan http://EzineArticles.com/3822579

Belajar Sketsa Baju

Belajar Sketsa Baju

Baju atau gaya busana akan mencerminkan siap diri Anda sesungguhnya. Meski tentunya tak wajib mengenakan busana dari bahan mahal dan mewah. Namun memakai baju dgn selera yg benar dan tetap elegan. Tentu akan menunjukkan citra diri positif Anda di depan orang-orang.

Sketsa Desain Baju

Ingin punya baju baru tapi nggak mau modelnya sama dgn orang lain? Kenapa nggak bikin sendiri sketsa desain baju yg Anda mau. Meski mungkin Anda tidak bisa memotong bahan dan menjahitnya sendiri. Anda bisa meminta tolong pada penjahit terdekat yg dikenal.
Anda bisa mencari inspirasi dari mall,majalah fashion namun daripada terkesan pasaran dan lebih punya style ala Anda sendiri. Mungkin memang sebaiknya Anda membuat sendiri sketsa desain baju yg diinginkan. Setelah sketsa jadi tinggal jalan ke tukang jahit dgn membawa bahan dan sketsa desain baju yg sudah jadi tadi.

Cara Membuat Sketsa
JIka Anda mau melakukan sesuatu, nggak ada yg sulit kok. jangan takut menggambar sketsa, karena berikut ini ada tips membuat sketsa desain baju sendiri. Ada 5 poin penting yg wajib diperhatikan dalam membuat sketsa desain baju:
1. Tekstur kain. Anda wajib cermati apakah sifat dari permukaan kain bahan yg akan diwarnai sketsanya. Apakah tebal, tipis, halus, kasar atau licin. Karena mewarnai sketsa bahan yg tebal dan bahan yg tipis akan berbeda, demikian juga dgn bahan yg kasar atau yg halus.
2. Motif kain. Perhatikan motif kain bahan dan ukurannya. Karena nanti akan berpengaruh pada hasil akhir. Saat baju sudah selesai dijahit.
3. Lekuk tubuh, pada utkan tubuh Anda yg menonjol, saat mewarnai sketsa buat dgn warna yg agak terang. Utk utkan tubuh yg datar warnai dgn warna sebenarnya dan utk utkan tubuh yg cekung, berilah warna gelap.
4. Jatuhnya busana, bedakan antara bahan baju yg jatuh dan yg kaku, karena pada bahan yg jatuh akan terlihat baju akan bergelombang bila dipakai.
5. Cahaya, perhatikan bahwa setiap utkan yg terkena cahaya pasti kelihatan terang sementara yg tidak akan terlihat gelap. Jadi saat mewarnai sketsa jangan lupakan hal ini. Namun sistem pencahayaan atau arah cahaya dalam mewarnai sketsa ini terserah pada selera atau keinginan kita masing-masing.
Dalam pewarnaannya, gambar sketsa busana ini bisa diwarnai dgn teknik pewarnaan secara kering. Yaitu tanpa menggunakan air tapi menggunakan alat pewarna seperti: pensil warna, pastel, krayon, spidol,dll. 

Peluang Bisnis Sketsa desain baju
Bila tak ingin repot menggambar sketsa sendiri, Anda bisa meminta bantuan seseorang yg dikenal bisa membuat sketsa desain baju. Atau hubungi saja jasa pembuatan sketsa desain baju yg biasanya ada di toko-toko besar yg menjual bahan baju yg terdapat di mal.
Memang tersedia luas peluang utk mereka yg bisa membuat sketsa desain baju. Meski tak bisa menjahit.Bahkan sketsa desain baju ini bisa dibisniskan, awalnya mungkin bisa dari teman ke teman. Atau kumpulan sketsa hasil karya Anda bisa dijadiin buku kumpulan sketsa.

Sumber: www.anneahira.com

(IFA PARIS & SHANGHAI SCHOOL)

INTERNASIONAL FASHION ACADEMY (IFA PARIS & SHANGHAI SCHOOL)
 
IFA Paris didirikan pada tahun 1982 untuk menggabungkan warisan mode Prancis dengan dunia global modern. Sebagai satu-satunya sekolah di Paris menawarkan semua sarjana dan program pascasarjana diajarkan dalam bahasa Inggris, IFA Paris melayani tubuh siswa sangat internasional dari seluruh penjuru dunia.IFA Paris terdaftar di Academie de Paris di bawah Departemen Pemuda, Pendidikan dan Penelitian sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta dan juga terdaftar di Kampus France, badan nasional Perancis untuk promosi pendidikan tinggi.Sekolah kami terletak di distrik garmen sejarah arondisemen ke-10, seperempat dinamis dan semakin trendi dikelilingi oleh fashion dan foto studio, lembaga pers dan jalan memikat kantor dan butik yang mewakili rumah mode paling bergengsi di dunia dan desainer termasuk rumah mode dari desainer ikonik Jean-Paul Gaultier.Paris memegang tempat khusus di bagian atas fashion dan dunia mewah. Sebagai tempat kelahiran mode, itu memberi dunia beberapa desainer yang paling terkenal dan rumah mode, termasuk Chanel, Yves Saint Laurent dan Dior dan tetap menjadi tempat di mana generasi baru perancang busana termasuk Martin Margiela, Rick Owens dan Alber Elbaz memilih untuk hidup dan bekerja . Merasa Paris khusus untuk fashion melampaui batas-batas industri dan menjadi film kota, galeri seni, museum, teater dan kehidupan jalanan.Sementara Paris diragukan lagi memiliki mode dibedakan dan sejarah mewah, sekarang dan masa depan hanya sebagai menarik. Paris masih meletakkan klaim untuk menjadi kota mode dunia dan mampu membuktikannya dengan acara fashion penting seperti dua kali setahun fashion minggu, pameran dan pameran perdagangan, toko konsep yang menarik, dan badan-badan industri terkemuka tren. Kelompok mewah besar seperti LVMH, PPR dan perusahaan seperti Hermes, Cartier dan Baccarat semua memiliki kantor pusat yang terletak di Paris. Dalam sejarah, Paris telah berubah hampir setiap bagian dari ekonomi ke dalam mewah melalui fashion, perhiasan, perawatan kecantikan serta keahlian memasak, anggur dan perjalanan. Paris tetap berhenti penting untuk fashion muda dan profesional mewah yang ingin memahami kekuatan budaya, industri dan pasar yang membentuk dunia fashion saat ini.* Kami sangat senang mengumumkan relokasi kantor pusat Paris kami. Fasilitas ajaran baru, yang akan berlokasi di 18-24 quai de la Marne di arondisemen ke-19 Paris, akan menampung mahasiswa saat sekolah dan memungkinkan pertumbuhan di masa depan baik di tingkat sarjana dan pascasarjana. Kampus baru akan mengabaikan kanal terkenal dan berada di jantung arondisemen ke-19 berkembang. Ini lingkungan hidup dan artistik juga rumah bagi landmark budaya, termasuk bioskop MK2, Point Ephemere ruang pertunjukan untuk konser dan balet, dan The 104 multi-penggunaan ruang dengan berbagai macam penawaran budaya, pameran dan high-profile fashion show. IFA Paris akan membuka pintu ke gedung baru pada bulan Februari, 2013. 

http://www.ifaparis.com/about-us/paris-fashion-school